Bulan Ramadan, Berikut 2 Waktu Mustajab untuk Berdoa

AKURATNEWS – Bulan ramadan tinggal beberapa hari lagi, di dalam Al Quran, ada doa-doa yang diajarkan Allah kepada kita. Sebagian besar merupakan doa lantunan para utusan Allah.

Kita bisa membaca doa-doa tersebut untuk mendapat kemudahan di dunia dan akhirat.

Keutamaan bulan Ramadan sebagai bulan mustajab untuk berdoa telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam sabda:

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

Ternyata ada 2 waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan yang tidak akan di tolak oleh Allah Ta’ala.

Kedua waktu yang mustajab yang mana diharapkan muslim tidak menyia – nyakannya ialah saat akan menjelang berbuka puasa (menjelang magrib) serta di waktu sahur (sepertiga malam)

Namun tak hanya di Bulan Ramadan, kedua waktu ini juga mustajab di bulan – bulan lainnya.

عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR Ibnu Majah No 1753)

Riwayat lain dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Ada tiga doa yang tidak tertolak: (1) doa pemimpin adil, (2) doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang terzalimi.” (HR at-Tirmidzi)

Terkait waktu mustajab doa saat sahur, dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Rabb kita Tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir.

“Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR Al-Bukhari, Muslim).

Dengan demikian, Allah SWT memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga jika melaksanakan ibadah puasa dan amal baik selama bulan Ramadhan.

Nah, itulah keutamaan bulan Ramadhan yang perlu kamu ketahui. Yuk, maksimalkan ibadah di bulan yang suci! Selamat menunaikan ibadah puasa.***