Caretaker Ketua KNPI Muna Penghargaan Kegiatan Diskusi dan Keterangan Damai Kepolisian

AKURATNEWS – Kepolisian Republik Nusantara (Polri) dalam hal ini Polres Muna Sulawesi Tenggara (Sua), beberapa waktu berserakan tepatnya pada tanggal 29 September 2021 menggelar Serasehan, Diskusi dan Deklarasi Tenteram dalam merajut Kebhinekaan. Kesibukan tersebut dilaksanakan demi membentengi Kebhinekaan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), utamanya diwilayah kerjanya.

Pemerintah dan para sesepuh di Bumi Sowite itu pun turut andil dalam kegiatan yang dalam adakan oleh Polres Muna itu. Tidak hanya tersebut tokoh muda dan pribadi pers juga hadir di dalamnya.

Kegiatan itu begitu menarik menggubris tokoh muda, karena Polres Muna dalam Serasehan, Perbincangan dan Deklarasi Damainya itu membahas tentang keamanan & ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam wilayah kerjanya dengan memiliki kultur penduduk yang bertentangan dari daerah lainnya.

Dengan kegiatannya itupun Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho sangat berharap kepada masyarakat untuk menganjurkan masukan demi terjaganya kelengkapan Kebhinekaan dalam wilayah NKRI.

Menanggapi situasi itu salah satu tipu Muda Kabupaten Muna, La Ode Muhram Naadu S. H., M. H betul mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh alat Negara dalam Muna itu.

Dia menilai, pentingnya kegiatan itu untuk terus digaungkan mengingat kultur masyarakat Muna lebih memahami pendekatan bagaikan kegiatan yang diadakan Polres Muna.

” Hal ini merupakan bentuk fungsi dari Polres Muna dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat. Pola preemptif seperti ini harus terus digaungkan, mengingat kultur klub kita lebih memahami ancangan seperti ini, ” Ucap tokoh muda kelahiran 1991 itu pada Akuratnews. com (30/9/2021).

Pengajar Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara itu juga mengatakan selain kegiatan itu untuk terus digaungkan, Polres pula perlunya bersinergi dengan pola pemuda di Muna buat seringnya kegiatan tersebut dijalankan baik di wilayah Kecamatan, Desa dan Kelurahan maupun dilorong lorong atau kawasan yang memiliki angka kriminalitas tinggi.

” Sebagai salah seorang Muda Kabupaten Muna, berharap kesibukan seperti ini lebih kerap diselenggarakan. Bila perlu polanya menjemput bola, yakni diselenggarakan di tiap lorong atau kawasan yang memiliki nilai kriminalitas tinggi, ” Tutur Muhram sapaan La Ode Muhram Naadu yang juga adalah Caretaker Ketua DPD KNPI Kabupaten Muna.

Lanjut Dosen asas itu yang juga ialah Advokat muda di Menghadapkan itu, jika kondisi kekinian Kabupaten Muna belum mempunyai pemetaan ketentraman dan kesopanan. Olehnya itu, dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepolisian di Muna tersebut patut menjadi perhatian Negeri Daerah dalam mengupayakan penelitian terkait hal tersebut.

Lagi lagi Percaturan Muda itu menilai bahwa Isu kebhinekaan yang diangkat oleh Kepolisian, itu pas relevan dengan isu Nasional sebagai ancaman disintegrasi kebangsaan, namun kondisi sosiologis dalam Muna sebetulnya sangat mengenal apa yang dinamakan Kebhinekaan.

“Kedepannya agar lebih banyak melibatkan unsur-unsur penting lainnya, seperti Arsitek Adat, DPD KNPI Kabupaten Muna, OKP, serta cabang ormas, ” Pintanya.

Caretaker DPD KNPI Muna itu juga berniat kegiatan tersebut agar dilkukan dengan rencana tindak sendat yang berdampak pada berkelanjutan. Agar dampak positifnya terpancang dengan benih kebaikkan jadi melahirkan kepedulian masyarakat terhadap bangsa ini dalam mengelola keutuhan Kebhinekaan Bangsa kita.

” Setidaknya Polres Muna sudah berupaya. Semoga kiat-kiat seperti itu diikuti dengan rencana aksi lanjut yang berdampak berkelanjutan, ” pungkasnya. ***