Ciptakan Pendidikan Kondusif dan Futuristik di Masa Pandemi, PointStar Hadirkan Kelas JuaraÂ

AKURATNEWS kacau Era revolusi industri 4. 0 menuntut dunia pendidikan mengadopsi teknologi digital dalam mendorong terciptanya lingkungan pendidikan yang kondusif, futuristik dan fleksibel di tengah munculnya masa pandemi yang berkepanjangan di semesta dunia.

Remote learning pun mulai diperkenalkan di Indonesia sebagai imbas dari usaha pemerintah menghalangi penularan wabah Covid-19. Tenaga pendidik dan siswa biar mau tak mau kudu beradaptasi dengan kondisi kawasan belajar-mengajar yang tidak membawabawa proses tatap muka secara langsung ini.

Hal inilah yang membina PointStar Indonesia meluncurkan buatan terbarunya yaitu Kelas Jempolan, sebuah platform virtual untuk komunitas pendidik dan siswa di Indonesia sebagai jalan inovatif untuk mendukung era pendidikan 4. 0 di Indonesia yang mensyaratkan kemajuan beradaptasi dan distribusi pendidikan yang merata bagi para pemangku kepentingannya.

Kelas Juara ini pula sekaligus wadah bagi para-para pengajar dan siswa untuk berkolaborasi dalam sebuah platform komunitas daring untuk membahas perkembangan terbaru seputar teknologi pendidikan.

Maklumat yang telah berdiri sejak awal 2021 ini mempunyai visi menjadi sarana pendidik maupun siswanya untuk memperoleh informasi seputar perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Pembawaan fitur yang terdapat pada dalam platform ini merupakan forum, artikel, program, & berita lain seputar les.

Yang mengakui dari platform Kelas Pendekar adalah fitur forum, yang mana baik siswa maupun pendidik dapat berdiskusi mengenai topik yang berhubungan dengan pelajaran, maupun saling mengedukasi mengenai teknologi digital yang semakin marak digunakan saat ini untuk proses pembelajaran online di sekolah.

Tidak hanya membahas seputar topik-topik hangat dalam dunia pendidikan, forum Kelas Jempolan juga memberikan kesempatan pada para kontributor untuk menggabungkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah di setiap bulannya.

Selain forum, Podcast series ada di kanal Youtube sah milik Kelas Juara. Pada Podcast series ini, pendidik maupun siswa dapat mengenal lebih jauh topik-topik menarik seputar perkembangan terbaru negeri pendidikan di Indonesia.

“Masih ingat kan dengan kontroversi mengenai Chromebook pemerintah yang ramai dibahas netizen di
jalan sosial? Fenomena daring ini menunjukkan literasi teknologi dengan kurang diantara netizen Nusantara. Kelas Juara hadir membahas topik-topik seperti ini buat memberikan edukasi mengenai kemajuan teknologi pendidikan bagi massa umum dan terutama komunitas pendidik dan siswa pada Indonesia, ” ujar Natanael Sibarani, General Manager PointStar Indonesia.

Publik pendidik dan siswa kendati dapat berinteraksi dengan Kelas Juara melalui akun Instagram resminya di @kelasjuaraid.

“Sebagai premier partner Google for Education, PointStar mendukung program-program yang disuguhkan Google demi menunjang penerapan teknologi pendidikan di Indonesia, termasuk ke dalam fitur-fitur yang tersedia di Bagian Juara, ”, imbuh Justin Lee, CEO PointStar.

Google Workspace for Education dan Chromebook for Education juga telah dipilih sebagai sarana pembelajaran resmi oleh Kementerian Pendidikan & Kebudayaan dalam mendukung masa pendidikan 4. 0 di Indonesia.

Salah satu fitur unggulan dibanding Google Workspace for Education adalah Google Classroom, yang mana pembelajaran daring menjadi terpusatkan dan dapat diakses tutor dan siswa secara langsung dalam sebuah ruang bagian online.

Ditambah dengan perangkat Chromebook for Education yang memungkinkan penggolongan Chromebook device secara terpusat. Sehingga sekarang, guru serta admin sekolah dapat mengatur kebijakan, fitur
Chrome untuk siswa, dan kanal kepada VPN internal serta jaringan Wi-Fi untuk siswa selama proses belajar menunjuki dilakukan melalui Chromebook device ini.

Selain itu, admin dapat menyusun kebijakan-kebijakan tertentu sebelum siswa dapat menggunakan perangkatnya, melayani pre-install berbagai aplikasi dan ekstensi, melimitasi akses terhadap siswa, dan banyak teristimewa fungsi lainnya. Admin pula dapat memberikan pengaturan dengan berbeda antar user,
seperti antara guru serta siswa, atau antara pekerja penuh waktu dan temporer.