DPR RI Minta Rekrutmen PPPK Guru Dievaluasi

AKURATNEWS – Seleksi proses penerimaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tarikh 2019 disorot DPR-RI. Institusi tersebut meminta agar Badan Kepegawaian Nasional (BKN) lekas menyelesaikan masalah tersebut. Terlebih ada 34 ribu instruktur yang telah mengikuti opsi PPPK hingga kini belum memiliki nomor induk personel.

Dikutip dibanding halaman resmi dprri. go. id, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menjelaskan, hampir dua tarikh, nasib 34. 000 instruktur yang telah mengikuti opsi PPPK belum memiliki nomor induk dan terkatung tanpa kejelasan.

“Ada 34 ribu guru honorer yang lolos seleksi PPPK 2019 hingga kini statusnya belum jelas. Pemerintah induk dan pemerintah daerah harus berkomitmen menjalankan Peraturan Kepala (Perpres) Nomor 98/2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK dan mempercepat proses pengangkatan guru honorer tersebut menjelma guru PPPK, ” ujarnya, Kamis 15 April 2021 kemarin.

Bertambah lanjut, Politisi Partai Golkar ini meminta pemerintah menilai kembali pelaksanaan seleksi dan proses penetapan guru PPPK tahun 2019.

Evaluasi ini menjadi urgen agar hambatan yang terjadi selama rekrutmen tidak berlaku kembali pada rekrutmen utama juta guru yang nantinya akan diselenggarakan pada tarikh 2021.

“Pemerintah harus terlebih dahulu menuntaskan status 34 ribu guru yang lolos seleksi pada 2019 Sebelum mengimplementasikan dasar rekrutmen 1 juta guru PPPK pada tahun ini, sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari, ” pungkasnya. ***