Fasilitasi Masyarakat, PMMD Sleman Membuat Pelatihan Pemakaman Jenazah

AKURATNEWS – Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Sleman menggelar Pelatihan Kesukarelawanan Muda 2021 dengan tema “Tata Laksana Pemulasaraan dan Pemakaman Covid-19 Tingkat Desa bertempat” di Ruang Riptaloka Kelurahan Condongcatur, Kab. Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 22 Agustus 2021.

Sebanyak 50 pengikut mengikuti kegiatan tersebut & dibuka langsung oleh Sugiyanto, S. Pd, Plt. Lurah Condongcatur.

Anjar Pamilih, S. Kom selaku Pendamping PPMD Yogyakarta membuktikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari para bakal penggerak PMMD sebagai periode dari tanggung jawab baik.

“Memberi wawasan tentang pemakaman jenazah Covid-19, karena ini sangat krusial, dan tentu untuk membina empati sesama anak bangsa, ” jelas Anjar sebagaimana diterima redaksi.

“Dan acara ini tentu menerapkan protokol kesehatan, mencantumkan masker dan menjaga jarak, ” sambung Anjar, demikiaan sapaanya.

Selaras dengan hal itu, Reno Candra Sangaji, Pembina Satgas Covid-19 Condongcatur mengungkapkan bahwa Condongcatur termasuk daerah yang penanganan Covid-19 terbilang cakap, hal itu bisa dibaca dari statistik, dimana sejak 54 ribu warga Tempat, 8 ribu penyintas yang terpapar Covid-19 serta 42 yang meninggal dunia, yang dimakamkan sesuai standard protokol kesehatan.

“Banyak yang positif tapi banyak yang kita selamatkan, ” katanya.

Reno Candra Sangaji menjelaskan, bagi warga yang dinyatakan meyakinkan, bahwasannya Satgas Covid-19 menyediakan beberapa shelter dengan fasilitas yang memadai untuk isolasi mandiri, begitu ada dengan positif, langsung ditangani serta sudah disiapkan semuanya.

Adapun praktek pengerjaan jenazah isolasi mandiri itu dipandu oleh Rahmad Widodo, Founder Yayasan Edukasi & Sertifikasi Relawan Indonesia dengan memperhatikan aspek medis, pegangan, dan budaya setempat.

Dengan alat angkat manekin, Rahmad Widodo meluluskan praktek secara gamblang dengan jalan apa tata aturan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19.

“Ya, jadi sebisa mungkin kita ajarkan secara mudah kepada peserta, ” ucapnya.

Roni Marbun salah satu peserta mengatakan, apresiasi kepada PMMD Sleman yang telah memfasilitasi dan mengadakan acara, “Sangat membantu kami dalam memberikan informasi, jadi sekarang beta punya bekal yang lulus untuk menangganinya suatu masa, ” ujarnya.