Humas Miliki Peran Strategis pada Tengah Pandemi

AKURATNEWS – Kedatangan gelombang kedua Covid-19 yang melanda sebanyak negara telah menimbulkan teror massal di dunia. Sebab, sejauh ini penyebaran infeksi dan kematian yang ditimbulkannya memiliki skala 3 kala lebih luas dan luhur dibandingkan gelombang pertama.

Ledakan kasus Covid-19 yang lebih gawat itu dipicu oleh sikap masyarakat yang lengah dan leler menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Saat itu, Indonesia masih berada dalam gelombang pertama Covid-19. Tetapi, langkah antisipatif harus lekas dilakukan untuk mencegah topan gelombang kedua Covid-19 menerjang Indonesia.

Salah satu hal penting adalah membikin narasi positif, sebagi jembatan komunikasi antara pemerintah secara masyarakat, tentang masih perlunya melaksanakan prokes walaupun total infeksi Covid-19 sedang menghunjam.

Ini menjadi tugas dan tanggung tanggungan seorang profesional Public Relations (PR) atau Hubungan Bangsa (Humas).

Seorang Humas memiliki peran sentral yang sangat vital untuk merancang strategi komunikasi dengan efektif di masa pandemi Covid-19. Informasi yang disampaikan harus benar, akurat, bersandarkan data, dan mudah diterima.

Sebab, salah satu kunci penting di melawan wabah Covid-19 bukanlah isolasi tapi informasi. Sebab, strategi komunikasi yang positif dan informasi yang betul dapat menyelamatkan korban rohani.

Pemerintah berupaya cepat melakukan tindakan pencegahan antara lain dengan memproduksi aturan atau imbauan pada masyarakat untuk bekerja & belajar dari rumah, beribadah di rumah, mengonsumsi sasaran sehat, dan memperbanyak gerak.

Selanjutnya 1 2 3 4 5