Data
OSIS SMA Labschool Berbagi 30 Smartphone dan 400 Buku untuk Siswa yang Membutuhkan

OSIS SMA Labschool Berbagi 30 Smartphone dan 400 Buku untuk Siswa yang Membutuhkan

Jakarta, Akuratnews. com – Merebaknya pandemi Covid-19 memaksa kegiatan belajar mengajar disekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan bantuan smartphone dan internet.

Namun tidak semua siswa di Indonesia mempunyai smartphone yang memadai, tidak jarang mereka harus bergantian dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Salah satunya disebabkan keadaan ekonomi keluarga yang sulit, terlebih disaat pandemi yang memaksa banyak dunia usaha tutup dan terjadinya PHK massal di dunia industri, sehingga menyebabkan banyaknya penggangguran dan angka kemiskinan yang melonjak.

Menyikapi hal demikian, OSIS SMA Labschool Jakarta Periode 2020-2021 melalui program kerja jangka pendek bertajuk “Jendela Bersama” melakukan penggalangan dana yang bertujuan untuk membantu kawan-kawan siswa lainnya yang sangat membutuhkan smartphone dan buku bacaan selama PJJ.

OSIS bekerja sama dengan dua lembaga yaitu KitaBisa untuk penggalangan dana dan RBK (Rumah Belajar Kita) yang akan menerima kumpulan donasi buku.

“Kami Pengurus OSIS Labschool merasa, setiap pelajar Indonesia memiliki hak yang sama mendapatkan layanan pendidikan. Selama pandemi masih banyak siswa belum bisa belajar dengan maksimal dan efektif. ”

“Antara harus pergi langsung ke sekolah namun membahayakan kesehatan siswa dan guru atau guru yang mendatangi murid satu-satu. Mau PJJ online tapi tak punya smartphone. Akhirnya materi pelajaran tertinggal, ” ungkap Amanda Moira, Ketua Umum OSIS SMA Labschool Jakarta saat diwawancarai pada Senin, 14 Desember 2020.

Perwakilan pengurus OSIS yang dipimpin Moira (sapaan akrabnya) langsung turun ke sekolah-sekolah di Ciawi dan Cisarua membagikan smartphone tersebut.

Didampingi guru pembina OSIS, Badru Zaman, Mulyadi, dan Ita Noviani dan diterima oleh perwakilan siswa yang juga didampingi gurunya, Atifah Suhartina. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, penyerahan bantuan berlangsung penuh hikmat dan wajah bahagia.

“Kami berinisiatif mengadakan program kerja ini, setidaknya OSIS bisa sedikit berbagi kepada kawan-kawan kami sesama pelajar. Untuk mempermudah proses pembelajarannya selama masa Covid-19. Walau nanti sudah tatap muka, HP masih bisa digunakan belajar. Kami senang bisa melakukannya dan berharap kegiatan kecil ini menginspirasi berbagai pihak, ” imbuh siswa kelas XI IPS yang kerap disapa Moira oleh kawan-kawannya itu.

Suparno Sastro selaku Kepala SMA Labschool Jakarta sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang bertujuan melatih karakter siswa untuk memupuk sikap gotong-royong, kepedulian, dan terpenting adalah menanamkan rasa empati di tengah pandemi.

“Program berbagi seperti ini cukup sering dilakukan Labschool. Dalam konteks OSIS, mereka yang berinisiatif dan lumayan kreatif juga mencari sumber pendanaan secara swadaya. Sehingga alhamdulillah bisa berbagi walaupun hanya 30 buah gawai pintar dan 400 ratusan buku kepada teman-temannya di Bogor. Semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin selama PJJ, ” pungkas Suparno.

Selanjutnya 1 2