Pabrik Balongan Terbakar Hebat, Warga Sekitar Pilih Evakuasi

Indramayu, Akuratnews. com – Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melalak hebat.

Insiden ini terjadi sekira jam 01. 30 WIB. Kebakaran dan meledaknya kilang tersebut diduga akibat tersambar panah.

“Terdengar ledakan, penyebabnya diduga tersambar geledek memang tadi cuaca hujan, ” kata Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Indramayu, Suyanto kepada wartawan, Senin (29/3).

Api dengan membakar kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini sendiri terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Daripada video yang beredar dalam sosial media, kondisi kedudukan RU VI Balongan melalak hebat hingga memaksa warga sekitar keluar rumah.

Warga yang berkecukupan di radius terdekat lantaran kebakaran di kilang Pertamina Balongan ini banyak dengan dievakuasi dan mengungsi. Walaupun tidak terkena kobaran obor secara langsung, namun kebakaran itu menyebabkan lingkungan sekitarnya cukup panas.

Hingga saat ini awak yang mengungsi tersebut ditampung di beberapa fasilitas hak pemerintah, seperti Islamic Center maupun Pendopo Kabupaten Indramayu.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa akibat insiden ini.   Pihak Pertamina sendiri maka berita ini diturunkan belum memberikan pernyataan resmi. Tetapi kabarnya upaya normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran sedang dilakukan Pertamina.