Pelaku Usaha Sidoarjo Wajib Beri Pelaporan Via LKPM OnlineÂ

ARAHKATA – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah berupaya memberikan fasilitas berupa kemudahan prosedur untuk mendapatkan izin berusaha bagi para pelaku usaha.

Seiring dengan hal itu, diperlukan adanya pengawasan dan pengendalian penanaman modal dalam bentuk pelaporan berkala. Para pelaku usaha wajib memberikan pelaporannya melalui laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) online.

Demikian dikemukakan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat membuka kegiatan “Workshop Kemudahan Berusaha dan Bimtek Tata Cara Pengisian LKPM Online”, digelar Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), bertempat di Hotel Luminor, Sidoarjo, Kamis (8/4/2021).

“Adanya LKPM ini, pemerintah bisa mengetahui sektor cara yang sedang berkembang, hambatan yang tengah terjadi, dan kebijakan yang diterapkan, agar kegiatan usahanya lancar. Juga, LKPM ini memiliki peranan penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, serta salah satu indikator penentu peningkatan realisasi investasi di daerah, inch jelasnya.

Kemudian, Bupati Muhdlor berharap, jumlah pelaku usaha di Sidoarjo yang melaporkannya melalui LKPM online semakin bertambah.

“Karena, pelaporan ini secara kumulatif dapat dijadikan sebagai catatan perkembangan investasi di Sidoarjo, sehingga capaian realisasinya bisa diketahui untuk meningkatkannya, ” ujar Alumnus Unair Surabaya ini.

Sebelumnya, Kepala DPMPTSP Sidoarjo, Ary Suryono menuturkan, pihaknya menyediakan layanan LKPM online itu bertujuan buat membantu para pelaku cara memenuhi kewajiban pelaporannya.

“Pelaporan ini, guna meningkatkan realisasi investasi. Layanan LPKM online bisa diakses di Mal Pelayanan Öffentlich (MPP) di Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, ” katanya.