Pemkot Depok Segel 130 Gedung dan Ruko Tanpa IMB

AKURATNEWS. COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melayani penyegelan terhadap 130 unit bangunan perumahan dan delapan unit rumah toko (Ruko) tanpa kantongi Ijin Membentuk Bangunan (IMB) di Bedahan, Sawangan Depok, Senin, (31/5).

Kepala Bagian Penegakan Perda Satuan Penjaga Pamong Praja (Satpol PP) Depok, Taufiqurakhman mengatakan, cara penyegelan akan dilakukan dalam empat titik lokasi di dalam area perumahan Jayana Residance.

“Dua plang segel dipasang di periode depan dan dua plang lagi di belakang perumahan Jayana Residance”, kata Taufiq, Selasa, (1/6)

Menurut Taufiq, penyegelan gedung rumah tinggal dan ruko dilokasi perumahan Jayana Residance berdasarkan surat perintah cetakan 18 nomor 800/298 penegakan Peraturan Daerah.

Pemilik bangunan akan dikasih waktu selama enam kamar untuk mengurus proses IMB bangunan perumahan dan ruko tersebut.

“Jika hingga total waktu enam bulan kedepan pemilik bangunan belum juga mengurus surat perizinan, maka akan dimintakan rekomendasi kepada Wali Praja Depok untuk pembongkaran”, jelasnya.

Proses penyegelan ratusan unit bangunan minus IMB itu dilakukan bersama tim gabungan dari Satpol PP Kota Depok, TNI-Polri.

“Sebanyak 70 personel turut dilibatkan tercatat dari Pengawas Dinas Perijinan dan bidang pembangunan pada Kelurahan Bedahan, Sawangan Depok”, tutupnya.

Sebelumnya, pemkot Depok melalui Satpol PP juga melakukan penertiban terhadap perumahan di Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

Penertiban perumahan Oyo Chataryn Residence ini disegel karena tidak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan tersebut dilakukan pada 28 Februari 2020 lalu.

Untuk diketahui, Pemkot Depok mengatur tentang bangunan dan izin mendirikan bangunan dalam Perda nomor 2 tarikh 2016 perubahan atas Perda nomor 13 tahun 2013 tentang IMB.