Ramadan, Disdik Sinjai Arahkan Siswi Ikuti Pesantren Kilat

AKURATNEWS – Di kamar suci Ramadan 1442 Hijriyah, para pelajar di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan hendak mengikuti Pesantren Kilat.

Kegiatan ini akan mulai digelar hari itu Kamis, 15 April 2021 dengan mekanisme teknis diserahkan kepada masing-masing satuan pelajaran.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

Lanjut Jefrianto membaca bahwa sesuai kalender pendidikan, selama dua hari prima Ramadan diliburkan. Setelah tersebut, Pesantren Kilat dilaksanakan secara luring atau daring.

“Untuk pelaksanaannya kita serahkan kebijakan dimasing-masing satuan pendidikan untuk berinovasi. Tetapi khusus untuk tingkat SMP, Pesantren Kilat akan dikerjakan dengan melibatkan Pemuda Muhammadiyah Sinjai selama lima hari terkait latihan dasar kepemimpinan, ” jelasnya.

Pesantren kilat ini sekapur Jefrianto, merupakan hal penting dalam rangka meningkatkan nilai keimanan dan keagamaan untuk mendukung pembentukan karakter dengan lebih baik bagi para pelajar, selaku generasi penerus bangsa.

“Pesantren Kilat ini adalah bagian pendidikan karakter dalam konteks mewujudkan peserta didik dengan berakhlak mulia, cerdas, serta terampil. Dalam hal ini penguatan keagamaan, bagaimana benar dan gotong royong. Disamping itu, meningkatkan keimanan serta ibadah di bulan suci Ramadan, ” katanya.

“Setelah dilakukan Pondok Kilat, siswa kembali melancarkan seperti biasanya, yaitu pembelajaran dari rumah, namun periode waktu lebih singkat semasa bulan Ramadan ini, ” sambung mantan Kepala Kesbangpol Sinjai ini.