Satgas TMMD Nunukan Gunakan Masa Senggang Guna Edukasi Anak-anak Desa

AKURATNEWS – Tak sekadar mengerjakan pendirian secara fisik, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) juga memberikan edukasi kepada warga setempat.

“Pengetahuan atau pendidikan dasar, dinilai sebagai aspek istimewa, terutama sebagai fondasi pangkal bagi generasi muda. Jadi ke depannya anak-anak itu sudah punya bekal untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, ” kata Satgas TMMD, Serda Diki di sela-sela kegiatan TMMD di Daerah Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kaltara, Rabu (30/6).

Dijelaskannya, anggota TTMD mengajarkan metode berhitung cepat hingga menghafal dan perkalian, dan situasi ini disambut antusias dibanding anak-anak desa yang mengikutinya.

“Semoga semangat belajar anak perbatasan terus meningkat dan terus berupaya berinovasi dalam belajar, berjalan menggapai cita-citanya kelak, ” ujarnya.

Ditegaskan Serda Diki, dirinya pula selalu peduli untuk tetap membantu anak-anak ini mendapatkan pendidikan dasar.

“Kami tidak segan-segan terus melakukan belajar di lapangan bersama setiap menemui anak-anak yang bermain di letak TMMD ke 111, ” tutupnya.

Buat diketahui, Desa Binusan Di dalam merupakan desa persiapan yang akan segera didefinitifkan menjadi desa baru, pecahan dibanding Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kaltara sendiri memiliki tujuh RT yang dihuni 1. 834 jiwa dan 476 Kepala Keluarga (KK). Tengah di RT 11 Tempat Binusan Dalam terdapat 300 jiwa yang tinggal.

Dalam kegiatan kala ini, TMMD Kodim 0911/Nunukan tengah menggarap sasaran wujud yaitu pembukaan Badan Ustaz 1. 850 m x 6 m, Pembangunan 4 plat duiker dengan ukuran 1, 5 m x 6 m serta bahan tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Patut Huni) sebanyak lima bagian.

Untuk bahan non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Jaga Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi bagian TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu PTM.