Sinjai Siapkan 9. 000 Seperseribu Sapi Kurban, Disnak Menyandarkan Bebas Penyakit

AKURATNEWS – Peternak di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan merancang 9. 000 ekor peliharaan sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021 ini.

Untuk dengan sudah laku terjual saat ini, baru lebih dibanding 1. 000 ekor & siap dikirim ke Tanah air Makassar serta daerah yang lain di Sulawesi Selatan.

Sapi kurban dengan disiapkan peternak Sinjai ini diutarakan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Asosiasi Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Sinjai, Mappamancu yang dihubungi via telepon, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya, sapi-sapi tersebut tersebar didelapan kecamatan di Kabupaten Sinjai.

“Saat ini rata-rata 80 ekor sapi kurban per hari yang diurus administrasinya oleh pengusaha peternak di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai. Jelang pelaksanaan Idul Adha, ” ungkapnya.
Ternak tersebut kata Mappamancu, rencananya hendak dikirim ke luar Kabupaten Sinjai, termasuk ke Kota Makassar, beberapa daerah lainnya di Sulsel, dan Tanah Kalimantan.

“Setiap tahunnya rata-rata Sinjai mengirim ke Kota Makassar buat memenuhi kebutuhan kurban kelompok, sedangkan kebutuhan rutin lembu dikirim ke Kalimantan Timur.

Mappamancu serupa menjamin bahwa setiap peliharaan di Kabupaten Sinjai ialah hewan yang bersih sejak penyakit.

“Setiap bulan, petugas di Biro Peternakan Sinjai memantau kemajuan milik peternak di delapan kecamatan, sehingga ternak sapi di Sinjai dinilai tenang dari penyakit, ” terang dokter hewan lulusan Universitas Udayana Bali ini.