Data
Srikandi LMPP: Hari Lahir Pancasila Paksa Bangkitkan Semangat Gotong Royong Melayani Covid-19

Srikandi LMPP: Hari Lahir Pancasila Paksa Bangkitkan Semangat Gotong Royong Melayani Covid-19

Jakarta, Akuratnews. com – Hari Lahir Pancasila Ke-75 pada satu Juni 2020 bisa menjadi paksa untuk membangkitkan kembali semangat mengangkat royong di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Komandan  Srikandi LMPP  Tio Martha Maryke, SE, hal terpenting memaknai Pancasila jadi nilai-nilai yang harus diterapkan di dalam kehidupan, seperti menghormati sesama walau berbeda agama, mengakui persamaan benar dan derajat masyarakat Indonesia, saling membantu dan gotong royong di dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai Ideologi dan Pedoman hidup dalam tatanan bernegara dan berbangsa, harus senantiasa menjelma penyemangat bangsa Indonesia dalam melayani Pandemi Covid 19 dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir Sila Pancasila, ” ungkap Martha dalam masukan tertulisnya, Selasa (2/6/2020).

Ia menambahkan, bahwa Pancasila telah menjadi komitmen berbangsa, oleh karena itu masyarakat harus bisa meneliti sekaligus menghayati nilai-nilainya.

“Harus diingat arti penting lahirnya Pancasila sebagai pemegang keutuhan, melindungi keamanan NKRI hingga dapat menangkal sikap buruk radikalisme, konflik sosial, terorisme, ” ucapnya.

Ia menambahkan, peringatan Hari Berdiri Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, harus dimanfaatkan sebagai moment pengingat, momen pemacu serta momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Berbicara Pancasila bukan hanya lima sila yang dibacakan & didengar bersama pada saat upacara bendera, melainkan harus dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari, ” imbuhnya.

Martha berharap keadaan lahir Pancasila tahun ini mampu dijadikan sebuah momentum bangkitnya balik gotong royong di tengah pandemi Covid-19.

“Kegotongroyongan kita, kepatuhan kita, dan disiplin kita diuji saat ini. Kepedulian kita terhadap sesama pun juga diuji pada kali ini. Kita memiliki keyakinan bahwa inilah yang bisa menjadi upaya dan kekuatan marga kita untuk menangani Covid-19. Mari tunjukkan kepada dunia, kita mampu selesaikan pandemi ini dengan gotong royong, ” pungkasnya.