Ternyata Ini yang Membuat Gigitan Semut Menyakitkan

AKURATNEWS – Anda mungkin sudah merasakan sakit yang luar biasa dari gigitan semut mungil. Gigitan tersebut mampu menembus kulit bahkan daging manusia.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa sebanyak tubuh hewan kecil yang ditusuk dan disayat diresapi dengan logam seperti seng dan mangan, membuat bagian-bagian tersebut menjadi keras serta tahan lama.

Sekarang, sebuah penelitian dengan diterbitkan 1 September kemarin di Scientific Reports membuktikan bagaimana pelengkap seperti juru bicara ini membentuk ujung tombak yang keras dan benar tajam.

Robert Schofield, fisikawan di University of Oregon di Eugene, dan rekan-rekannya menggunakan mikroskop khusus untuk memeriksa “gigi” tajam yang melapisi rahang semut pemotong daun yang disebut Atta cephalotes. Pengkajian itu mengungkap struktur molekul gigi semut.

Tim menemukan bahwa molekul seng tersebar secara seragam, bukan dalam potongan, dalam seluruh gigi. “Keseragaman itu memungkinkan semut menumbuhkan bilah yang jauh lebih sedikit dan lebih tajam, sebab potongan mineral membatasi seberapa tajam alat itu, ” kata Schofield disitat laman Science News.

Tim juga menguji serangkaian sifat bahan yang mengandung logam ini, yang lumrah sebagai biomaterial elemen berat, di antara gigi semut, taring laba-laba, sengatan kalajengking, dan rahang cacing bahar.

Strukturnya lebih kaku dan lebih tahan kerusakan daripada bahan biomineral, seperti kalsium fosfat dengan biasanya ditemukan di geraham atau kombinasi kalsium karbonat dan protein kitin dalam banyak cangkang arthropoda.

“Bagian tubuh yang diperkaya logam memiliki macam sifat yang Anda inginkan dalam pisau atau jarum, ” ungkap Schofield.

Selanjutnya 1 dua