Tinju Batu Karang, KM Batu Indah Asal Sinjai Tenggelam

AKURATNEWS – Kapal Motor (KM) Permata Elok asal Kabupaten Sinjai merasai kecelakaan laut di Lautan Perbatasan Kabupaten Sinjai-Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Perkara naas yang menimpa pesawat nelayan itu terjadi dalam Minggu (7/9/2021) malam, sekira pukul 19. 30 Wita.

Beruntung 5 orang ABK beserta 5 orang penumpang yang berlayar dari Pulau Kayuadi Kabupaten Selayar itu selamat.

“Syukur alhamdulillah semesta ABK dan penumpang terjamin, meski beberapa jam terkatung-katung sebelum bala bantuan muncul, ” kata pemilik KM Permata Indah, Mansur dengan di kediamannya di Tempat Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Selasa (7/9/2021).

Ia menuturkan, sebelum kapalnya tenggelam, kondisi cuaca invalid mendukung karena hujan lebat disertai angin kencang. Media GPS yang biasa dipakai lobet dan aplikasi hp tiba-tiba terhapus.

“Saat itu tepatnya pada Passilolisang, tiba-tiba kapal kandas diatas batu karang. Perlahan kapal pecah kemudian tenggelam. Nanti jelang pukul 00 Wita, baru bantuan hadir, ” bebernya.

Namun sebelum kapal terleka lalu tenggelam, kata Mansur, ABK bersama penumpang bahan Tanaberu Bulukumba sempat terkatung-katung dengan menggunakan pelampung penutup.

Saat para penumpang sudah diselamatkan oleh nelayan lain, sang pemilik kapal Mansur bersama 3 anak buahnya yang bernama Sila, Aco dan Basri tidak langsung meninggalkan KM Permata Indah.

“Kami bersama ABK hangat tinggalkan kapal saat lembaga sudah tenggelam semua & dijemput oleh nelayan asal Desa Pattongko. Sementara ikan ekspor dan ikan lokal sebanyak 9 ton haluan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara tidak terselamatkan, ” terangnya.

Kini Mansur merugi karena kehilangan pesawat dan ikan yang siap dikirim ke Kota Makassar, dengan total kerugian sejumlah Rp250 juta.

Ia berharap kepada negeri di Sinjai untuk menimbrung membantunya, sebab saat itu mereka sedang kehilangan mata pencaharian.