Data
Usai Hagia Sophia, Erdogan Segera Bebaskan Al Aqsa

Usai Hagia Sophia, Erdogan Segera Bebaskan Al Aqsa

Istanbul, Akuratnews. com – Usai mengubah status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid dalam Jumat (10/7) lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan segera membebaskan Masjid Al Aqsa di Jerusalem

“Kebangkitan Hagia Sophia menandai pembebasan Masjid Al Aqsa. Kebangkitan Hagia Sophia adalah batu loncatan umat Islam di semesta dunia yang akan datang. Penentangan Hagia Sophia adalah kebangkitan api harapan umat Islam dan seluruh yang tertindas, disalahkan, tertindas & dieksploitasi, ” kata ucap Erdogan dalam pidato yang diunggah posisi web Kepresidenan Turki seperti dilaporkan Anadolu Agency, Senin (13/7).

Ia menegaskan, Turki me semua pandangan tentang status baru Hagia Sophia, namun setiap perilaku atau tanggapan yang mengintervensi mau dianggap sebagai ‘pelecehan’ terhadap ‘kemerdekaan’ Turki.

“Saya menggarisbawahi bahwa kita akan membuka Hagia Sophia sebagai masjid dengan melestarikan warisan budaya bersama umat pribadi, ” tekan Erdogan.

Dia menambahkan bahwa umat Agama islam, Kristen, dan Yahudi hidup pada damai di Istanbul sejak penaklukan kota Istanbul, dan masyarakat Turki menghormati tempat ibadah non-Muslim yang lain, di satu sisi lain penuh peninggalan Utsmani di Eropa Timur dan Balkan secara bertahap dilenyapkan.